Zakat, Infaq, Shodaqoh. Apa Bedanya?

Zakat, Infaq, Shodaqoh. Apa Bedanya?

Zakat, Infaq, dan Shodaqoh. Kita semua pasti sering mendengar tiga istilah itu. Namun, masih banyak dari kita yang bias akan arti dari ketiga hal tersebut. Walau terkesan serupa, sama-sama dilakukan dengan cara memberi, sebenarnya tiga hal tersebut berbeda looh.

Zakat, menurut bahasa artinya adalah berkembang (an-namaa’) atau pensucian (at-tathiir). Adapun menutur syara’ yaitu hak yang telah ditentukan besarannya yang wajib dikeluarkan pada harta-harta tertentu untuk diberikan pada kelompok tertentu sebagaimana yang tercantum dalam surat At-Taubah ayat 60. Infaq, secara bahasa berasal dari kata nafaqa yang artinya “keluar”. Menurut ahli fiqih, infaq  merupakan jenis pembelanjaan seorang muslim untuk kepentingan diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat yang diperintahkan oleh Allah SWT. Sedangkan shodaqoh adalah bentuk infaq di jalan Allah SWT yang bentuknya tidak mesti berupa materi, namun dapat berupa non-materi yang dapat memberikan kebaikan bagi makhluk lainnya.

Perbedaan lainnya terletak pada waktu pembayarannya. Zakat hanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu saja seperti zakat fitrah yang wajib dilakukan pada bulan Ramadhan, atau zakat maal yang dibayarkan ketika telah mencapai nisabnya dan dimiliki penuh selama setahun. Sedangkan Infaq dan shodaqoh dapat dilakukan kapan saja. Menurut kewajibannya, zakat adalah amal ibadah yang wajib dijalankan oleh setiap muslim. Sedangkan infaq dn sadaqah hukumnya sunnah.

Sekarang sudah tahu kan apa perbedaan antara zakat, infaq, dan shodaqoh?
Yuk, mari sama-sama kita laksanakan kewajiban kita mengeluarkan zakat untuk membersihkan harta yang kita miliki, juga banyak-banyak berinfaq danbersadaqoh untuk mendapatkan keridhoan dari Allah SWT J

 

Referensi:

Zakat.or.id

www.ahmadzain.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *