Sejarah FSI FEB UI

Forum Studi Islam berdiri di FEUI sejak tahun 1991, diakui sebagai institusi mahasiswa intra-universiter dalam bentuk badan semi-otonom. FSI memiliki karakteristik khusus yang berbeda dengan organisasi kemahasiswaan lainnya yang ada di FEUI. FSI adalah organisasi da’wah islamiyyah yang inklusif dan beranggotakan seluruh mahasiswa muslim FEUI. Karakter lain yang dimiliki adalah mahasiswa muslim yang menjadi subjek aktif (sebagai pengurus) dan pada saat yang sama menjadi objek untuk pengembangan wawasan keislaman dan peningkatan keimanan dari seluruh program yang dibuat oleh FSI.
Secara organisasional, perkembangan Forum Studi Islam dimulai dari munculnya kelompok-kelompok studi keislaman di kampus FEUI sejak tahun 1982-1983. Kelompok ini dikenal dengan nama Iqtishodi. Kelompok ini dibentuk pertama kali oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sebagai lembaga mahasiswa ekstra-universiter. Fokus Iqtishodi ini adalah mengadakan kajian-kajian ekonomi Islam, sesuai dengan namanya. Sifatnya yang ekstra-universiter menyebabkan Iqtishodi sulit untuk banyak berkiprah sebagai lembaga formal yang melakukan syi’ar Islam di FEUI.
Pada perkembangannya, kebutuhan akan syi’ar Islam di FEUI ini tidak mampu diakomodasi oleh Iqtishodi mengingat demikian luasnya aspek ajaran Islam yang tidak sekedar aspek ritual ataupun aspek ekonomi. Sehingga kemudian dengan beberapa pertimbangan, antara lain:

  • Perkembagan da’wah Islamiyyah meliputi seluruh aspek, mendorong kebutuhan akan wadah organisasi da’wah formal di FEUI.
  • Organisasi keislaman fakultas banyak bermunculkan di Universitas Indonesia, namun FEUI belum memiliki.
  • Kebutuhan akan wadah pengembangan potensi sumber daya mahasiswa muslim FEUI yang bersifat keilmuwan
  • Kebutuhan untuk mengangkat wacana keislaman yang mampu menambah wawasan dan keimanan terhadap Islam secara benar.Akhirnya didirikanlah Forum Studi Islam (FSI) FEUI pada 10 Oktober 1991 beserta peresmian Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga serta struktur badan pengurus.

Akhirnya didirikanlah Forum Studi Islam (FSI) FEUI pada 10 Oktober 1991 beserta peresmian Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga serta struktur badan pengurus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *