Puasa Qadha atau Puasa Syawal dulu ya?

Puasa Qadha atau Puasa Syawal dulu ya?

Puasa Qadha atau Puasa Syawal dulu ya?

Puasa Qadha atau Puasa Syawal dulu ya?

Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh” (HR. Muslim no. 1164).

Euforia pahala Ramadan ga berhenti di Hari Raya Idul Fitri aja loo. Setelah Ramadan berakhir, kita disunahkan untuk berpuasa enam hari di bulan syawal. Seperti yang disebutkan hadis diatas bahwa pahala puasa sunah enam hari di bulan syawal sama dengan pahal orang berpuasa sepanjang tahun.

Lalu bagaimana untuk kita yang puasa Ramadannya belum sempurna atau masih memiliki hutang puasa sebelumnya? Lebih baik mengqada puasa dulu atau Puasa Syawal dulu ya?

Ada dua pendapat yang berbeda mengenai Qadha puasa dan Puasa Syawal.

Fatwa Imam Ibnu Utsaimin tentang wanita yang memiliki utang puasa ramadhan, sementara dia ingin puasa syawal: Jika seorang wanita memiliki utang puasa ramadhan, maka dia tidak boleh puasa syawal kecuali setelah selesai qadha. Berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Barang siapa yang melaksanakan puasa Ramadan, kemudian dia ikuti dengan puasa enam hari di bulan Syawal…”. Sementara orang yang masih memiliki utang puasa ramadhan belum disebut telah berpuasa ramadhan. Sehingga dia tidak mendapatkan pahala puasa 6 hari di bulan syawal, kecuali setelah selesai qadha. (Majmu’ Fatawa, 19/20).

Namun beberapa ulama juga berpendapat bahwa boleh mengerjakan puasa syawal terlebih dahulu karena waktunya terbatas hanya satu bulan. Sedangkan waktu mengqadha puasa adalah sampai Ramadan berikutnya. Adapun riwayat dari ‘Aisyah –radhiyallahu ‘anha– yang menyebutkan,

Aku dahulu masih punya utang puasa dan aku tidak mampu melunasinya selain pada bulan Sya’ban”(HR. Bukhari no. 1950).

Aisyah menunda qadha’ puasanya ini karena kesibukan beliau dalam mengurus Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagaimana dikatakan oleh Yahya dalam Shahih Bukhari

Mengqadha puasa atau membayar hutang puasa Ramadan adalah wajib hukumnya. Sedangkan puasa enam hari di bulan syawal adalah sunah. Dari beberapa pendapat yang disebutkan, hendaknya kita mendahulukan untuk mengqadha puasa Ramadan terlebih dahulu sebelum menunaikan sunah yang lain, yaki puasa enam hari di bulan Syawal.

Namun, jika kamu merasa berat untuk sekaligus melunasi hutang puasa atau qadha puasa di bulan syawal (misalnya karena hutang puasa yang cukup banyak) dan ingin juga melakukan puasa syawal karena waktunya yang terbatas, maka pendapat ulama yg memperbolehkan untuk melaksanakan puasa syawal terlebih dahulu boleh dipertimbangkan.

 

Wallahu a’lam…

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *