Press Release: Self Training Program (STP) Seri-1 FSI FEB UI

Press Release: Self Training Program (STP) Seri-1 FSI FEB UI

Press Release: Self Training Program (STP) Seri-1 FSI FEB UI

Pada Sabtu, 18 April 2015 merupakan hari besar bagi biro PSDM FSI FEB UI karena pada hari itu lah salah satu agenda terbesar mereka di laksanakan. Agenda yang dimaksud adalah “Self Training Program” atau yang biasa disingkat “STP” yang diadakan di ruang B106 A & B dari jam 10 pagi hingga 1 siang. STP merupakan agenda dari PSDM yang bertujuan untuk mengembangkan potensi fungsionaris FSI di bidang softskill maupun hardskill. STP kali ini merupakan yang pertama dari 4 seri dan untuk yang pertama ini bertemakan “Public Speaking”, mengembangkan kemampuan fungsionaris dalam berbicara di depan publik.

STP kali ini menghadirkan trainer muda sekaligus pendiri “Young Trainer Academy” kak Ary Rahmawan sebagai pembicara. Beliau merupakan alumni Teknik Industri Universitas Indonesia yang telah berkiprah sebagai trainer selama 9 tahun. Selain menjadi trainer , beliau merupakan penulis, entrepreneur, dan juga pendiri “Cerdas Mulia Institute” . Jam terbang beliau sebagai trainer telah mencapai lebih dari 1400 jam. Intinya adalah, kak Ary merupakan seseorang yang luar biasa.

Tak ingin kalah dari pembicara, peserta yang hadir juga tak kalah luar biasanya. Tercatat ada 72 fungsionaris FSI yang hadir dalam acara ini tang terdiri dari 48 akhwat dan 24 ikhwan. Jumlah yang cukup banyak dibandingkan dengan pencapaian acara yang sama tahun lalu. Dan diantara banyak peserta tersebut, ada Firman yang skill public speaking nya luar biasa hingga kak Ary pun salut padanya. Jikalau ada nominasi gelar Best Audience, pastilah Firman yang mendapatkannya.

Pada mulanya, STP dibuka oleh Amrial sebagai MC pada pukul 10.45, agak mundur dari jadwal. Kemudian dilanjutkan tilawah oleh Untung. Bukan, bukan Untung Surapati pahlawan nasional itu, yang ini adalah Untung staff SHINE. Setelah tilawah dari Untung, kak Jajang sebagai ketua umum FSI FEB UI memberikan sambutannya mengenai pentingnya pelatihan public speaking. Setelah sambutan selesai, barulah mereka beranjak ke acara inti yaitu materi dari kak Ary,

Materi yang disampaikan oleh kak Ary jelas dan mudah dimengerti. Pada mulanya beliau sharing tentang pengalamannya dari saat ketika beliau masih ingin menjadi trainer hingga di saat telah menjadi trainer profersional. Kemudian materi berlanjut mengenai bagaimana caranya menguasai public speaking. Cara yang diajarkan oleh kak Ary adalah dengan menguasai CPDE chain yaitu Confidence, Preparation, Delivery dan Evaluation. Setelah menjelaskan mengenai CPDE(yang terpaksa berhenti di huruf “P” karena keterbatasan durasi), sesi materi pun ditutup dengan sesi tanya jawab. Setelah pemberian sertifikat kepada kak Ary oleh kak Jajang, STP seri 1 ini pun ditutup oleh Amrial dengan tagline FSI. Rumah Ukhuwah Kita!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *