Press Release: Serambi FSI FEB UI 2015

Press Release: Serambi FSI FEB UI 2015

Depok – Semarak Penerimaan Mahasiswa Baru Islam (SERAMBI) merupakan salah satu program dakwah (prodak) dibawah tanggung jawab departemen MDC (Muslim Development Center) Forum Studi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Pada tahun ini acara SERAMBI mengambil tema besar “Fun! Bonding! Inspiring!” Rangkaian acara SERAMBI ini dibagi menjadi dua yaitu PMB (Penerimaan Mahasiwa Baru) yang dilaksanakan berbarengan dengan OPK pada tanggal 24- 25 Agustus 2015 dan PDAI (Pengenalan Dasar Agama Islam) yang dilaksanakan pada tanggal 12 -13 September 2015.

Pada tanggal 24 Agustus 2015, PMB dilaksanakan pada saat memasuki waktu Zuhur. Mahasiswa baru yang telah dilepas oleh komisi kedisiplinan OPK FEB UI 2015 dengan cepat berbaris di depan parkiran Pertamina Hall sesuai dengan kelompok mentor agama. Kemudian mereka melepas atribut-atribut mereka dan kemudian berjalan menuju Pertamina Hall untuk mengambil air wudhu. DIkarenakan botol air wudhu yang terbatas, mahasiswa baru diharuskan wudhu berpasangan sehingga dengan itu bisa meningkatkan bond diantara mereka. Kemudian, di information center yang terletak dekat pintu masuk terjadi keramaian karena banyak mahasiswa baru yang lupa kelompok agamanya tetapi penjaga information yang dibantu oleh panitia yang lain dapat menyelesaikan masalah tersebut. Setelah itu, para mahasiswa baru melaksanakan shalat Zuhur yang dilanjutkan dengan sesi makan sekaligus mentoring. Sembari mentoring, acara PMB yang di-MC oleh Firman Bayu dan Surya Lubis diisi oleh Ikhsan Chaerudin, Project Officer SERAMBI 2015, dan Kak Muhammad Jatiardi Fitriantoro, Ketua Umum FSI FEB UI 2015. Mereka menyampaikan sambutan sekaligus harapan mereka untuk para mahasiswa baru muslim. Setelah itu, PMB menayangkan sebuah video pendek mengenai pengenalan sekaligus peningkatan kesadaran akan mentoring mahasiswa baru FEB UI.

Kemudian, mentoring dilanjutkan dimana mahasiswa siswa baru dibekali mengenai pengetahuan Islam sekaligus sharing mengenai pengalaman mentor di FEB UI. Pada saat acara PMB sudah habis mahasiswa baru dibubarkan dan diserahkan kembali ke OPK FEB UI. Pada waktu Shalat Ashar, PMB melakukan rutinitasnya kembali namun tidak ada pengisi acara maupun mentoring. Setelah shalat Ashar, mahasiswa baru diserahkan kembali ke panitia OPK FEB UI.

Pada tanggal 25 Agustus 2015, PMB dilaksanakan kembali. Kurang lebih acara berlangsung sama hanya tidak ada sambutan-sambutan dan mahasiswa baru juga sudah tau kelompok mentor agama mereka sehingga information center sepi. Mentoring berjalan dengan antusias. Pada waktu shalat Ashar, kurang lebih juga sama dan setelah mahasiswa baru diserahkan kembali ke panitia OPK berakhirlah rangkaian acara PMB. Namun acara SERAMBI tidaklah berakhir disana. PMB justru merupakan pintu masuk dari acara inti SERAMBI yaitu, PDAI. PDAI dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 12 September 2015 dan dimulai pukul 9:00. Namun, beberapa mahasiswa baru saking antusiasnya sudah datang pada pukul 8:30. Acara mulai dengan registrasi peserta lalu mahasiswa baru melakukan Shalat Dhuha di Pertamina Hall. Kemudian acara dibuka oleh MC, Respati Suta Wibawa dan Gemilang Sayyef. Setelah itu, ada beberapa sambutan dari PO SERAMBI, Ikhsan Chaerudin, dan Ketua Umum FSI FEB UI 2015, Kak Muhammad Jatiardi Fitriantoro. Acara dilanjutkan memasuki materi sharing inspiratif alumni: “Aktif Berprestasi dan Eratnya Ukhuwah”. Materi tersebut di moderator oleh Kak Muhammad Miqdad Rabbani dan diisi oleh Kak Rangga Husnaprawira, Mapres UI 2015, Kak Rully Prassetya, Mapres UI 2011, Kak Fariz Abdillah, Ketua SALAM UI 17. Mereka memberikan tips-tips untuk survive di FEB UI serta memberikan banyak wawasannya yang luas dan sangat Insightful. Rangkaian acara dilanjutkan dengan Shalat Zuhur berjamaah dan makan sekaligus mentoring. Setelah itu, panitia acara-acara besar FSI seperti ISTI dan SECOND melakukan presentasi mengenai kegiatannya. Lalu acara dilanjutkan dengan games Ranking 1. Setiap kelompok mentoring agama diwajibkan untuk memilih satu orang sebagai wakil kelompoknya dan setiap wakil diadu dengan 10 pertanyaan yang jawabannya ditulis dikertas. Pada akhirnya yang tersisa hanyalah satu ikhwan dan satu akhwat. Mereka kemudian diadu kembali hingga Rifki (ikhwan) menjadi pemenangnya. Ketika sudah memasuki waktu Shalat Ashar, mahasiswa baru digerakkan untuk mengambil wudhu bagi yang batal dan melaksanakan Shalat Ashar. Setelah itu, Ustadz Dedi Martoni mengisi materi yang kedua yaitu mengenai aqidah. Sesi yang sangat penting ini dibawakan oleh beliau dengan sangat santai dan dibumbui dengan beberapa humor. Materi yang disampaikan mengenai memegang teguh agama di tengah hingar binger kehidupan sebagai mahasiswa.

Pembentukan kepengurusan FMA menjadi agenda berikutnya dalam acara PDAI. Kegiatan dilakukan dengan cara eksplorasi 3 besar calon ketua FMA, Dendy, Avri, dan Afif dimana mereka ditanyai pertanyaan umum dan ditanya oleh teman-temannya sendiri. Pada akhir eksplorasi, para mahasiswa baru diharuskan untuk memilih satu calon yang dianggap dapat menjadi pemimpin para mahasiswa muslim 2015.

Setelah sesi eksplorasi FMA, waktu memasuki waktu maghrib dan shalat Maghrib dilaksanakan yang dilanjutkan dengan pembacaan Al-Matsurat. Karena sudah malam, makan malam disugguhkan bersamaan dengan pelaksanaan mentoring. Kemudian ketika sudah memasuki waktu Isya, mahasiswa baru melaksanakan Shalat Isya. Acara dilanjutkan dengan deklarasi ketua FMA FEB UI 2015. Pembukaan dilakukan oleh Muhammad Jatiardi Fitriantoro dan yang diamanatkan menjadi ketua FMA FEB UI 2015 adalah Afif Rifna. Sebagai penutup, ketua FMA meneriakan takbir tiga kali yang membangkitkan semangat para mahasiswa baru. Mahasiswa baru akhwat dimobilisasi kembali ke gedung B dan ikhwannya tetap berada di Pertamina Hall. Para akhwat berbenah dan bersiap tidur sedangkan para ikhwan bermain Begal, Polisi, Dokter hingga pukul 10. Kemudian mereka tidur. Pada hari kedua PDAI, mahasiswa baru dibangunkan pada pukul 3 untuk melaksanakan Qiyamul Lail sembari menunggu masuk waktu Shalat Subuh. Shalat Subuh dilakukan ketika sudah masuk waktunya. Kemudian para mahasiswa baru di mobilisasi menuju luar perhall untuk senam pagi. Setelah itu, mahasiswa baru dimobilisasi ke dalam Pertamina Hall untuk sarapan dan mentoring lagi. Setelah mentoring selesai, mahasiswa baru dimobilisasi menuju Auditorium Soeriaatmadja untuk mendapatkan materi Ekonomi Syariah.

Materi ini di moderator oleh Kak Wahyu Jatmiko dan diisi oleh Bapak Banu Muhammad, Ketua Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah (PEBS) FEB UI dan Dosen FEB UI, dan Bapak Meidy Ferdiansyah, Group Head dari SDM Bank Syariah Mandiri. Pada sesi ini dijelaskan secara konsep apa itu ekonomi islam serta diberikan penggambaran jelas pertumbuhan industri keuangan syariah yang menunjukan tren yang sangat baik sehingga menggambarkan kehebatan dari sistem ekonomi islam itu sendiri. Bapak Meidy Ferdiansyah juga mengulas tentang arti sebuah mimpi dan cita-cita yang harus seorang mahasiswa muslim miliki. Pada akhir acara PDAI, Voice of Ukhuwah memeriahkan suasana dengan membawa dua lagu sambil ada penayangan video dari dokumentasi acara PDAI.

Kemudian untuk menutup acara PDAI, para mahasiswa baru melakukan foto angkatan dan sekaligus meneriakkan tagline SERAMBI FEBUI 2015 yaitu, “Fun! Bonding! Inspiring!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *