Press Release: Seputar Muslimah Terkini (SEMUT #3) – Woman in Balance Between Career and Role as a Housewife

Press Release: Seputar Muslimah Terkini (SEMUT #3) – Woman in Balance Between Career and Role as a Housewife

Seputar Muslimah Terkini (Semut) merupakan kajian rutin bulanan yang diadakan oleh Departemen Muslimah Learning Center FSI FEB UI. Semut ketiga ini diadakan pada hari Selasa, 29 September 2015 di Student Center FEB UI dengan menghadirkan pembicara Ibu Dini Rahma Bintari, S.Psi., M.Psi yang dalam kesehariannya beliau aktif sebagai dosen, psikolog dan trainer. Sasaran acara semut ini terbagi dua, khusus perempuan saja dan gabungan dari laki-laki dan perempuan. Untuk bulan september ini, acara terbuka untuk laki-laki dan perempuan meskipun temanya spesifik dalam ranah rumah tangga. Hal ini dikarenakan sebenarnya amanah untuk mengurus rumah tangga tidak hanya ada pada seorang perempuan sebagai istri namun juga menjadi tanggung jawab laki-laki sebagai suami nantinya. Acara ini dihadiri sebanyak 85 peserta.

Tema yang diangkat pada acara Semut kedua ini yaitu “Woman in Balance Between Career and Role as a Housewife”. Dengan adanya kajian ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang bagaimana menyeimbangkan antara kehidupan karir dengan peran utama seorang istri sebagai ibu rumah tangga. Harmoni dalam rumah tangga merupakan hal yang diinginkan semua orang. Agar bisa menciptakan rumah tangga yang harmoni di perlukan keseimbangan. Untuk itu yang harus dilakukan adalah dengan menyeimbangkan berbagai aspek dalam diri (hati, tubuh, dan akal), menentukan tujuan hidup sesuai arahan Allah SWT, memprioritaskan sesuai kondisi dan keadaan, dan membangun lingkungan yang islami dalam keluarga. Keseimbangan ini menjadi penting karena dengan adanya keseimbangan bisa membuat hidup seseorang menjadi lebih bahagia dan bermakna.

Sungguh, laki-laki dan perempuan muslim, laki-laki dan perempuan mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya. Laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (Al-Ahzab: 35)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *