Press Release: KAMNAS (Kampanye Nasional Ekonomi Syariah) “Indonesia Tumbuh bersama Ekonomi Syariah”

Press Release: KAMNAS (Kampanye Nasional Ekonomi Syariah) “Indonesia Tumbuh bersama Ekonomi Syariah”

KAMNAS SHINE FSI FEB UI

Jakarta- Minggu, 17 Mei 2015 yang lalu FoSSEI (Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam) Jabodetabek sukses menyelenggarakan puncak KAMNAS (Kampanye Nasional) 2015 yang diselenggarakan dari Jl. Protokol Sudirman hingga Monas. KAMNAS merupakan agenda tahunan FoSSEI Nasional yang serentak diadakan di seluruh FoSSEI regional di Indonesia. Dengan tema besar “Indonesia Tumbuh Bersama Ekonomi Syariah” Kampanye Nasional yang selanjutnya disingkat KAMNAS tahun ini memiliki konsep yang berbeda dibandingkan dengan tahun lalu.

Di tahun ini KAMNAS memiliki serangkaian acara sebelum menuju acara puncak diantaranya KSEI goes to yang merupakan agenda KAMNAS untuk memberikan edukasi ekonomi syariah kepada pelajar SMA sederajat dan  Gerebek Pasar Syariah yang merupakan agenda sosialisasi kepada para pedagang tentang konsep muamalah dalam perdagangan yang sesuai nilai Islam, kemudian KAMNAS ditutup dengan acara puncak berupa aktivitas WOM ( Word of Mouth).

Aktivitas WOM  (Word of Mouth) yang diprakasai oleh para agent WOM dilaksanakan oleh seluruh KSEI Jabodetabek yang tersebar dari Jl. Protokol Sudriman hingga Monas. WOM kali ini berupa aktivitas mengenalkan bahaya riba kepada pengujnung Car Free Day dengan dibekali “little book guide” tentang macam-macam riba.

KAMNAS FSI FEB UIKAMNAS FSI FEB UI

Puncak KAMNAS dimulai pada pukul 06.00 dengan diawali breafing terkait teknis WOM. Para agent WOM dibekali “amunisi” berupa merchandise dari OJK yang turut mendukung aktivitas pengembangan ekonomi dan keuangan syraiah dan pemberian buku panduan penjelasan tentang riba berupa gambar agar mempermudah penyampaian sosialisasi. Pada kesempatan kali ini KSEI SHINE UI melaksanakan misi WOM di sekitar Jl. Protokol Sudirman dengan total 9 agent WOM.

Para agent WOM disebar ke setiap penjuru Car Free Day dengan target WOM yang  berbeda-beda mulai dari remaja hingga dewasa dan dari para penjual hingga pengunjung. Berbagai macam reasi dari para target WOM ketika dijelaskan tentang riba, ada yang menyamakannya dengan ria ada yang tidak tahu sama sekali dan ada yang mendukung aktivitas kami untuk terus mencerdaskan masyarakat karena praktek riba, menurut salah satu pengunjuang Car Free Day mengatakan  “riba zaman sekarang sudah sangat akrab dengan aktivitas ekonomi masyarakat sehingga sangat sulit membedakan antara riba dan bukan riba, oleh karena itu aktivitas mahasiawa yang dilakukan sekarang sangat membantu untuk menjelaskan apa itu riba dan bahayanya”. WOM diakhiri pada pukul 09.00 dan semua agent berkumpul untuk melanjutkan agenda selanjutnya.

 

KAMNAS FSI FEB UI

Acara KAMNAS diakhiri dengan semua KSEI berkumpul di area selatan masjid Istiqlal untuk merayakan ulang tahun FoSSEI yang  ke-15 sebagai rasa syukur bahwa gerakan mahasiswa ini yan khusus di bidang ekonomi islam telah berusia 15 tahun maka dilangsungkan potong tumpeng yang diwakili oleh setiap perwakilan KSEI Jabodetabek. (ASF)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *