Ooooh Jilbab!

Ooooh Jilbab!

oleh Nadhifa Meitasari, Bisnis Islam 2014
MDC FSI FEB UI 2015

Perempuan adalah makhluk yang begitu spesial dan Allah muliakan kedudukannya, yang dapat kita lihat melalui surat An-Nisa. Sebuah surat yang melambangkan agungnya posisi seorang wanita hingga wanita (An-Nisaa) pun diabadikan menjadi sebuah surat di Al-Qur’an.

Aku adalah anak perempuan dari kelurga biasa yang tidak terlalu pekat dengan nilai-nilai Islam. Islam yang aku jalani hanya sebatas melakukan sholat dan puasa wajib bahkan membaca kitab suci umat Islam pun sangat jarang aku lakukan.

Sejak kecil hingga duduk dibangku SMP aku tak pernah sekali pun berpikir akan menggunakan hijab dalam hidupku. Namun, hal berbeda terjadi sejak aku masuk ke salah satu sekolah negeri terkemuka di Jakarta. Tahun pertama di SMA tak ada yang berubah dari ku. Aku masih sama saja, masih belum memenuhi kewajiban sebagai seorang perempuan muslim. Beruntungnya aku, tahun ini juga aku menemukan seorang teman yang tidak hanya ingin menjadikan aku sebagai temannya di dunia namun juga di alam setelah kehidupan dunia. Ia mengajarkan banyak hal, ia juga mengajakku untuk melakukan hal-hal yang baik. Setahun berlalu penampilan fisikku belum juga berubah, namun aku mulai mengerti tentang apa yang aku cari dalam hidup ini.

Permulaan tahun kedua, aku masih berteman baik dengannya, tapi ada yang berbeda di tahun kedua ini. Teman terdekatku tidak lagi hanya a, namun masih ada 3 teman lainnya. Pertemanan ini kami jalani dengan penuh toleransi untuk memiliki pendapat masing-masing. Dalam kelompok pertemanan ini tidak hanya aku yang belum menggunakan hijab namun juga kedua temanku yang lain.

Suatu hari, yang bagiku bukan hari biasa, namun hari yang penuh sejarah, kenangan, hidayah, dan pencerahan. Barangkali terkesan berlebihan, namun begitulah adanya. Siang itu, salah satu teman dekat ku menyampaikan keinginannya bahwa ia akan menggunakan hijab. Tanpa pikir panjang, aku katakana bahwa aku juga menginginkannya. Hal ini sungguh terjadi begitu saja, sangan spontan dan tanpa persiapan. Saat itu juga aku dan temanku memutuskan untuk menggunakan hijab. Sejak saat itulah aku mulai menyimpan dan merawat mahkota berhargaku Mahkotaku adalah sesuatu yang sangat berharga, bagaimana mungkin aku biarkan mahkota berharga milikku ditonton oleh orang banyak. Bukankah mahkota yang lebih mahal adalah yang disimpan dan dirawat dengan baik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *