Notulensi Muslimah Days Out 2017

Notulensi Muslimah Days Out 2017

NOTULENSI SESI 1: AMALIAH BEGUM

SOCIOPRENEUR SHARING WITH HIJRAHEART

HijraHeart Indonesia adalah komunitas sosiobisnis pertama khusus untuk muslimah yang dibentuk dengan fokus pada program pemberdayaan perempuan. Komunitas ini diperuntukkan bagi seluruh muslimah untuk bergabung, baik sebagai individu, komunitas, maupun merk bisnis.

VISI dari HijraHeart:

“To become a constructive community which effectually enables muslimah to use their potentials under the spirit of sociobusiness and woman empowerment.”

MISI dari HijraHeart:

  • Providing medium to continuously learn about Islam
  • Crafting synergy amongst the members’ miscellaneous potentials
  • Cultivating charity programs from our community for others
  • Sosial Bisnis adalah konsep bisnis yang menyatukan dua platform, yaitu sosial dan bisnis. Jadi bisnis yang dilakukan tidak hanya berorientasi untuk mendapatkan keuntungan saja, melainkan juga untuk tujuan sosial.
  • “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau doa anak yang sholeh” (HR. Muslim)

Motif awal dari HijraHeart: Ilmu yang bermanfaat yang bisa dibagikan dengan cara memberdayakan para muslimah yang datang dari berbagai latar belakang lewat platform sociopreneur.

  • Inspirasi HijraHeart: Concern pribadi. Selama kuliah di FE UI ada panggilan hati dari Kak Amaliah Begum yang merasa ada yang kurang dari apa yang selama ini dipelajari, akhirnya memikirkan konsep tentang sosial dan bisnis, yaitu dengan mengakomodasi seluruh muslimah yang ingin belajar sosial dan bisnis.
  • Pada zaman ini, hidayah bukan lagi sekadar dicari ataupun dijemput, melainkan juga diburu. Salah satunya dengan berkumpul dengan teman-teman yang shalihah.
  • Seringkali seseorang memulai bisnis terlebih dahulu baru kemudian memikirkan segi sosialnya setelah mendapatkan profit dan sukses. Padahal keduanya dapat berjalan beriringan, sehingga bisnis tidak lagi hanya berorientasi untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya saja melainkan juga menjadi sarana pemberdayaan sehingga dapat bermanfaat untuk orang banyak.

***

Question and Answer

Q      : Bagaimana cara kita sebagai seorang pemula untuk memulai bisnis padahal kita tidak mempunyai background bisnis?

A       : Apabila belum mengetahui apa bakat kita, maka saat sedang bercermin, cobalah refleksikan diri kita, jangan hanya melihat yang terlihat saja. Coba pikirkan dan renungkan bakat apa yang Allah telah titipkan pada kita karena manusia diciptakan oleh Allah dengan potensinya masing-masing. Kemudian, start! Jangan hanya menulisnya sebagai goals tapi mulailah langkah-langkah kecil seperti membuat operational lists kemudian kerjakan list tersebut satu per satu.

Sebagai contoh, Kak Amaliah yang memiliki ketertarikan dalam dunia fashion kemudian ingin memulai bisnisnya di bidang fashion. Kak Amaliah mulai menentukan apakah ia ingin menjadi reseller atau produsen? Kemudian Kak Amaliah menentukan ingin membuat brand sendiri. Langkah selanjutnya adalah membuat operational list; jenis fashion seperti apa yang akan dikembangkan, jenis bahan apa saja yang harus dipilih, dsb. Lalu Kak Amaliah mulai mengerjakan list tersebut satu persatu.

Q      : Bagaimana cara bergabung dalam HijraHeart? Apa saja kegiatan dari HijraHeart?

A       : Untuk menjadi anggota HijraHeart, tidak ada persyaratan khusus seperti sudah berhijab, harus memiliki usaha, atau aktif dalam kegiatan atau komunitas lainnya karena HijraHeart terbuka bagi setiap muslimah yang ingin berproses menjadi pribadi lebih baik lagi sesuai kodratnya sebagai perempuan. HijraHeart ingin mewadahi para muslimah yang berkeinginan untuk terus belajar mengenai Islam dengan rujukan pada Al-Quran dan Sunnah, memiliki ketertarikan untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan bisnis dan sosial, serta menciptakan sinergi dan dalam komunitas ini baik secara internal maupun eksternal. Untuk bergabung, bisa langsung menghubungi salah satu tenants dari HijraHeart.

Kegiatan dari HijraHeart, yaitu: 1) Gathering Khusus Member dan Tenant, untuk membahas profitable dan hal-hal terkait profesionalisme, dan 2) Charity, mengunjungi dan mengajak adik-adik panti untuk sama-sama belajar. Selain itu, terdapat juga acara tahunan yang terbuka untuk semua (ikhwan dan akhwat), mengingat Islam adalah agama yang universal.

Q      : Bagaimana cara membangun kerjasama ke berbagai pihak dan mengajak masyarakat? Modal awal dari HijraHeart? Suka duka untuk menjalankan sosial bisnis?

A       : Bentuk HijraHeart adalah bisnis, bukan foundation (yayasan). Karena yayasan itu dilarang cari untung dan pure dari donasi. Sedangkan bisnis tentu diperbolehkan untuk mendapatkan keuntungan.

Modal awal: Open donatur, patungan, juga dari tenant yang sudah besar dan menitipkan proporsi penjualannya untuk cash HijraHeart.

Suka duka: Dukanya adalah pernah mengalami bullying, kemudian berpikir bahwa seorang muslimah tidak seharusnya seperti itu. Sedangkan sukanya adalah ketika seorang rekan kerja yang sudah mempunyai brand yang cukup besar mulai berhijrah memakai jilbab karena terbiasa berada di lingkungan yang baik.

Kerjasama yang dilakukan mengalir begitu saja lewat komunikasi yang baik. Selain itu, tidak ada partnership yang begitu muluk-muluk.

Q      : Hambatan apa yang sering menghalangi kegiatan sosial dan bisnis? Ada banyak macam preneurship, alasan awal memilih sociopreneurship?

A       : Intinya adalah manajemen komunitas. Dalam sociopreunership kita harus teliti karena berbentuk semi-voluntary. Laporan keuangan ke tenant-tenant harus diinformasikan secara transparan. Tidak hanya fokus pada pekerjaan saja, tapi silahturahim juga berjalan. Sociopreneurship itu jauh lebih luas.

***

Closing Statement

Selama masih kuliah, cobalah untuk membaca lingkungan guna mencari teman-teman yang memiliki interest yang sama dengan kita. Bisa jadi itu merupakan langkah awal dari kesuksesan kita. Misalnya, kita menemukan teman yang sama-sama tertarik dalam dunia bisnis, lalu mulailah untuk bekerja sama. Selain itu, perluas juga pergaulan kita. Dan yang terpenting adalah, Take Action!

 

 NOTULENSI SESI 2: BUNDA ELLY

The Essence of Hijrah in Islam

– MENYONGSONG PERADABAN BARU LEWAT MOMENTUM HIJRAH 1439 H –

Dua nikmat, kebanyakan manusia tertipu dengan keduanya,

yaitu kesehatan dan waktu luang.” (HR. Al-Bukhari)

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berhijrah di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” [QS. Al-Baqarah (2): 218]

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memerhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

[QS. Al-Hasyr (59): 18]

“Dan jika mereka bertobat, melaksanakan sholat, dan menunaikan zakat, maka (berarti mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama. Kami menjelaskan ayat-ayat itu  bagi orang-orang yang mengetahui.” [QS. At-Taubah (9): 11]

***

Hijrah adalah kegiatan perpindahan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW bersama para sahabat beliau dari Mekah ke Madinah, dengan tujuan mempertahankan dan menegakkan risalah Allah berupa akidah dan syari’at Islam.

Syarat Hijrah adalah sesuatu yang ditinggalkan dan sesuatu yang dituju.

Jenis Hijrah:

  • Hijrah Makaniyah (meninggalkan suatu tempat)
  • Hijrah Rasulullah Saw dari Mekah ke Habasyiyah, Thaif, dan Madinah (Yatsrib),
  • Hijrah dari suatu negeri yang didalamnya didominasi oleh hal-hal yang diharamkan,
  • Hijrah dari suatu negeri yang membahayakan kesehatan untuk menhindari penyakit menuju negeri  yang aman,
  • Hijrah dari suatu tempat karena gangguan terhadap harta benda,
  • Hijrah dari suatu tempat karena menghindari tekanan fisik, seperti hijrahnya Nabi Ibrahim as dan Musa as, ketika Beliau khawatir akan gangguan kaumnya. [QS. Al-Ankabut (29): 26]

 

  • Hijrah Ma’nawiyah (meninggalkan kekufuran menuju keimanan)

Jenis hijrah maknawiyah kemudian dibedakan menjadi 4 (empat) macam, yaitu

  • Hijrah I’tiqadiyah (keyakinan)
  • Hijrah Fikriyah (pemikiran)
  • Hijrah Syu’uriyyah (kesenangan)
  • Hijrah Sulukiyyah (tingkah laku)

***

QUESTION AND ANSWER

Q      : Peran muslimah banyak dalam masyarakat. Bagaimana kita sebagai muslimah dalam menjalankan peran-peran tersebut senantiasa membawa nilai keislaman?

A       : Kita semua adalah doa. Prinsip menjaga diri sebelum menjaga keluarga. Sebaik-baik manusia adalah yang berilmu, namun akan celaka apabila ilmu tersebut tidak diamalkan. Begitu pun sebaliknya. Tuntutlah ilmu agama, kemudian asahlah. Kita adalah guru untuk anak-anak. Kita harus senantiasa menjaga kebaikan-kebaikan dalam perilaku dan perbuatan. Jadikanlah diri kita sebagai teladan. Aktif berorganisasi untuk melatih softskills.

Da’i tidak hanya selalu berada di balik mimbar, kita dapat melakukannya dengan memberikan arahan dan pendekatan dalam kebaikan. Mempraktekkan ilmu yang kamu pelajari dalam menjalankan peran-peran tersebut.

Q      : Mempertahankan keimanan di tengah lingkungan yang dinamis?

A       : Yang hebat dan sukses itu bukan orang yang badannya kuat atau hanya mengandalkan kemampuan otaknya, melainkan orang yang bisa survive dengan dinamika lingkungan. Jangan maunya berada di lingkungan yang homogen, lurus, dan nyaman saja. Banyak lingkungan yang heterogen dan dinamis di luar sana. Tidak ada yang pernah bisa menjamin stabilnya suatu iman karena sesungguhnya iman kita begitu tipis. Teruslah belajar untuk senantiasa menjaga keistiqomahan.

“Ingatlah selalu bahwa  nilai yang paling utama adalah melakukan segala sesuatu

dengan niat ikhlas karena Allah Ta’ala.”

 

NOTULENSI SESI 3: Anisa Rahma & Lola Diara Fidya

Let It Be My Way

 

Apa itu hijrah?

Annisa: Hijrah adalah perubahan yang mengarah ke arah yang lebih baik. Ketaatan kepada Allah S.W.T. Setiap hijrah membutuhkan effort dan pasti akan ada halangan dan lain-lain.

Lola: Hijrah adalah move on. Semua proses move on, dari apapun dan siapapun yang buruk. Allah sebagaimana prasangka hambanya. Coba dulu, nggak usah takut, insyaAllah akan Allah bantu.

Prosesnya?

Lola: Modalnya membathin sama Allah saja. 2014, Kak Lola lulus SMA dan langsung bekerja di perusahaan pialang. Setelah hijrah, semua itu ditinggalkan. Menurut kakak, semua hal yang negative harus ditinggalkan dalam berhijrah secara total. Karena kalau masih ada yang tertinggal, akan tergoda untuk kembali lagi ke jalan itu.

Anisa: Dulu di Cherrybelle dan semua temennya non-muslim. Masih merasa biasa saja saat itu. Namun, ketika 2013 Anisa keluar dan mempunyai banyak waktu untuk sendiri, untuk merenung ia berpikir  “Apalagi yang mau dicapai?” Popularitas dan sebagainya sudah dicapai, tapi masih merasa kebahagiaan itu belum sempurna. Sempat browsing orang-orang yang memakai hijab, dan merasakan ketenangan pada aura orang-orang tersebut. Dimulailah perjalanan hijrah Anisa.

 

Perang batin? Satu kejadian yang membuat titik balik dalam kehidupan pembicara?

Anisa: Sempat Ketakutan akan rezeki, pada awalnya. Namun, hal tersebut dapat Anisa hadapi karena keyakinannya bahwa rezeki sudah ada yang mengatur.

Tidak ada kejadian yang extremely titik balik, namun proses itu berjalan secara berangsur-angsur.

Lola: Waktu mulai berhijrah, 80% teman Kak Lola menjauh. Tapi itu tidak menjadi masalah bagi Kak Lola. Kak Lola percaya bahwa ketika ia meninggalkan sesuatu karena Allah, maka Allah akan gantikan dengan yang lebih baik.

Cerita sebenarnya, sahabat Kak Lola meninggal. 3 hari sebelum sahabatnya meninggal, Kak Lola masih sempat mengobrol. Sahabat tersebut muda, punya harta kekayaan, kemampuan dll tapi bisa meninggal dalam usia yang muda. Pada hari itu juga kak Lola memutuskan untuk berhijab.  (bulan Ramadhan).

Hari ke 16 bulan Ramadhan, Kak Lola merasa “something wrong” pada tubuhnya. Temannya menyarankan untuk wudhu, sholat dhuha, baca Al-mulk, then feeling well. Tapi setelah ashar, ternyata adalah puncak sakit tersebut (tidak bisa bernafas). Namun sedikit demi sedikit membaik. Dari sana Kak Lola menyadari bahwa itu adalah peringatan dari Allah. Kemudian, semua hal buruk yang selama ini Kak Lola jalani, termasuk bisnis yang tidak halal ditinggalkan.

Hikmah yang bisa diambil?

Anisa: jangan pernah takut rezeki terhambat karena sudah ada yang mengatur. Hijrah membuat kita menjadi diri sendiri, didekatkan dengan orang-orang baik

Lola: What people think on you is none of your business. Mereka tidak akan mengubah apapun dari kita. Allah sangat baik, karena memberikan hidayah-Nya.

 

Bagaimana caranya bisa menjadi lebih baik dan istiqomah? Dan apa yang bisa dilakukan?

Lola: Walaupun ibadah belum sempurna, tapi kita harus tetap berusaha. Ingat satu hal yang tidak enak, yaitu kematian. Cari lingkungan dan teman yang baik. Organisasi keislaman sangat direkomendasikan.

Annisa: berdoa semoga dilancarkan dan diberikan jalan, memperbanyak teman yang baik.

 

SESI TANYA JAWAB 

TERMIN 1

1.Annisa: Sekarang gimana hubungan dengan teman-teman cherrybelle? (Kak Anisa) dan Apa duluang y dipikirkan? (Kak Lola)

Jawab: 1. Masih baik, masih sering komunikasi. Datang ke undangan-undangannya.

  1. Kelas 1 SMP:masuk club, main sama orang” berumur 25 th.

SMA: gaul, cari network.

Dulu merasa biasa aja melakukan hal-hal yang dilakukan adalah biasa saja. Memulai bisnis, Turn Back Crime (kerja sama dengan polda metro jaya), Bursa Efek Indonesia, dan lain-lain.

 

2.Diva: Pada saat proses hijrah Lola, sebelumnya dulu apa yang dilakukan dan     dipikirkan?

Jawab: Allah yang datangkan teman-teman itu. Karena sebelumnya belum pernah terbayangkan akan menjadi seperti yang saat ini.

 

3. Salsa: Istiqomah susah, banyak tantangan. Apa saja yang kakak hadapai selain gerah berhijab dan dijauhi teman?

Jawab:

Anisa: pekerjaan.

Lola: Bagaimana caranya hari besok harus lebih baik dari hari ini, dalam hal apapun. Dan harus memaksa diri untuk menjadi lebih baik.

 

TERMIN 2 

  1. Nisa: Misal kita sudah berhijab dari kecil, tapi belum meraskan rasanya hijrah sampai saat ini? Bagaimana agar bisa merasakan hijrah juga?

Anisa: Jangan disesali. HIjrah tidak mesti dari hal yang paling buruk. Dari hal yang sederhana juga bisa disyukuri sebagai hijrah. Seharusnya kita bersyukur karena lahir dalam lingkungan yang baik.

Lola:  Hijrah itu terus belajar, terus berproses. Tidak mesti dari menjadi orang yang buruk sekali. Jangan lupa menjaga sholat dan ibadah-ibadah lainnya.

 

Moderator: Dulu Annisa sempat dapat tawaran main sinetron, tapi harus buka-tutup jilbabnya. Terus bagaimana menanggapinya?

 Anisa:  Malu, karena Allah mengawasi 24 jam. Sebagai muslimah harus memiliki pendirian yang teguh, tidak gampang tergiur dunia.

 

  1. Fani: Caranya bisa selalu berhusnudzon kepada Allah?

Anisa: Bersyukur atas hal-hal kecil yang kita dapatkan setiap hari.

Lola:

  1. Kematian. Orang-orang yang sudah mati.
  2. Orang yang di dalam kubur, ingin sekali satu hari saja untuk bersujud di dunia.

Dengan percaya bahwa apa yang kita lakukan akan diminta pertanggung jawaban, maka harus selalu berhusnudon pada Allah.

 

  1. Siti:    -Pandangan teman-teman Kak Lola

            – Adakah niatan untuk mengajak teman- teman Kak Lola berubah? 

Lola:   -Harus mandiri. Karena sekalipun perubahan kita baik, akan tetap ada orang yang tidak suka.

-Tidak secara langsung menyuruh untuk berubah, namun tunjukkan melalui diri sendiri untuk menjadi orang yang telah berubah menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *