Yuk, Ngobrol Bareng Bu Sri Daryanti!

Yuk, Ngobrol Bareng Bu Sri Daryanti!

Mempertahankan status kemuslimahan di tengah kesibukan, tentunya bukan suatu hal yang mudah. Butuh kesabaran yang tinggi di tengah dunia yang semakin hiruk-pikuk ini. Salah satu muslimah yang dapat dijadikan contoh adalah Bu Sri Daryanti. Ia adalah seorang dosen Manajemen Pemasaran di FEB UI sekaligus Kepala Career Development Center FEB UI.

  • Menurut ibu apa sih arti hijrah itu?

Hijrah itu artinya berpindah ya. Hijrah itu sendiri dapat diartikan menjadi 2 hal yaitu hijrah secara fisik dan secara implisit. Nah, hijrah secara fisik itu artinya berpindah dari satu tempat ke tempat lain untuk mencari sesuatu yang lebih baik. Misalkan gitu ya, seorang mahasiswa yang berpindah dari tanah kelahirannya ke depok untuk menuntut ilmu pengetahuan.

Sedangkan hijrah secara implisit yaitu berubah menjadi sesuatu yang tidak baik menjadi lebih baik. Hijrah ini lebih sulit dan tidak tampak.

  • Bagaimana perjalanan hijrah ibu hingga bisa menjadi seperti saat sekarang ini?

Setiap orang pasti tidak secara langsung sudah baik dari dulu ya, pasti pernah mengalami situasi dimana dirinya perlu berubah. Nah, orang yang berubah pasti sudah mendapat hidayah. Yang namanya hidayah Allah itu terjadinya bisa dalam 2 bentuk ya, diberikan secara langsung atau kita mancari hidayah itu sendiri.

Kalo saya sendiri dulu, adalah dengan cari teman yang baik. Jadinya kalo berteman sama orang yang baik, kitanya akan ikut menjadi orang yang baik juga. Selama kita berbuat baik, nanti Allah akan ngasih hidayah buat kita.

  • Apa saja tantangan yang ibu alami selama proses hijrah ibu?

Tantangan saya dulu dari internal ya, karena setelah hijrah saya juga harus mengikuti aturan yang ada, ga sebebas dulu lagi. Harus bisa jaga sikap juga. Tetapi alhamdulillah teman-teman sangat menghargai proses hijrah saya, sehingga ga menjadi beban.

  • Kira-kira apa saja kebiasaan yang rutin ibu lakukan untuk mempertahankan hijrah ibu?

Kalau mau jadi baik harus dibiasain ya. Sumber kebaikan itu dari Al-Qur’an, jadi saya biasain baca Al-Qur’an bareng keluarga setelah shalat shubuh. Terus juga ikut kajian bareng teman-teman seminggu sekali.  

  • Menurut Ibu, bagaimana keadaan muslim FEB saat sekarang ini?

Menurut saya secara kualitas sudah baik ya, dan secara kuantitas juga meningkat. Saya optimis ya, kalo kuantitas nya meningkat, berarti mereka juga mau belajar gitu.

  • Apa pesan ibu untuk muslim di FEB?

Terus belajar menanbah ilmu pengetahuan tentang agama. Terbuka pikiran aja akan hal-hal baru. Jangan sampai terbawa arus yang negatif dan tetap berpegang teguh pada islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *