NGASO#4 : Yuk Kenalan sama Pak Katno, Birpend FEB UI!

NGASO#4 : Yuk Kenalan sama Pak Katno, Birpend FEB UI!

Assalamualaikum, Sahabat!

Siapa yang tidak mengenal wajah dari bapak birpend ini?
Setiap mahasiswa FEB pastilah tidak asing dengannya.
Beliaulah Bapak Katno, salah satu karyawan FEB UI yang bekerja di bagian pelayanan Biro Pendidikan. Bapak yang ramah dan humoris ini biasa melayani mahasiswa yang ingin bertanya, mengurus surat-surat, melegalisir dan melayani banyak mahasiswa dalam keperluan akademis lainnya.
Selain itu, beliau juga melayani dosen dan asisten dosen untuk keperluan kelancaran akademis.

Pak Katno setiap harinya berangkat pagi dari Citayam dengan mengendarai sepeda motornya. Sekitar jam 7.00 beliau biasanya sudah berada di ruangan Biro Pendidikan, membereskan ruangan, sarapan bila masih ada waktu, serta sudah bisa melayani dosen dan asisten dosen yang biasanya meminta tolong untuk photocopy dan sebagainya.

Pak Katno yang berusia 40 tahunan ini, lahir di daerah Pacitan, namun kemudian memutuskan untuk merantau ke ibukota. Ternyata, sejak SMP naluri nekatnya untuk merantau ke ibukota ini sudah muncul. Beliau sempat menyelesaikan jenjang SMAnya di Jakarta, sampai akhirnya beliau memutuskan untuk bekerja dan tidak melanjutkan kuliah. Setelah lulus SMA, beliau masih bekerja serabutan hingga di tahun 1992 beliau diterima bekerja sebagai Cleaning Service di Fakultas Ekonomi UI yang saat itu masih berada di Salemba.

Singkat cerita, di tahun 1995 saat Fakultas Ekonomi UI sudah dipindahkan ke Depok, beliau masih ikut bekerja sebagai cleaning service dan saat itu beliau ditugaskan di Gedung Dekanat. Pak Katno menjalankan pekerjaannya sebagai CS hingga tahun 2005, sampai pada akhirnya musibah menimpa dirinya.

Pada waktu itu, Pak Katno mengalami kecelakaan yang menyebabkan kakinya tidak seperti dulu saat mulanya beliau bekerja. Kejadian itu menyebabkan dirinya dipindah tugaskan di bagian pelayanan Biro Pendidikan FEB UI. Sejak saat itulah beliau akhirnya berada di bagian pelayanan Biro Pendidikan hingga saat ini. Baginya, segala yang terjadi pasti memiliki hikmah, dan sekarang justru dirinya merasa nyaman bekerja di Biro Pendidikan bagian pelayanan ini.

Bapak yang memiliki dua orang anak ini sungguh luar biasa dan bertanggung jawab. Dalam kondisinya setelah kecelakaan, beliau masih tetap semangat untuk menafkahi istri dan anak-anaknya. Meskipun harus setiap hari bekerja, dari pagi hingga sore hari dan dengan sedikitnya waktu istirahat, namun Pak Katno terlihat menikmati apa yang dikerjakannya.

“Laki – laki harus memiliki tanggung jawab yang tinggi” begitulah kata beliau saat ditanya bagaimana seharusnya menjadi seorang lelaki. Hal ini terbukti dalam setiap pekerjaannya di birpend selalu beliau selesaikan dengan sangat baik.

Suka dan dukanya menjadi karyawan birpend di bagian pelayanan, beliau lewati termasuk saat harus menerima ejekan, sikap acuh, dan tidak peduli dari beberapa mahasiswa yang beliau layani. Baginya masih ada banyak mahasiswa, dosen, asisten dosen lain yang dia layani dan memperlakukannya dengan ramah, sopan, dan penuh penghargaan. Hal itulah yang selalu membuat Pak Katno tetap semangat bekerja.

Kemudian Pak Katno banyak berpesan bagi para mahasiswa khusunya yang ingin mengurus legalisir ijazah, surat keterangan mahasiswa, dan sebagainya, dimohon untuk bersabar atas pelayanan yang tidak sesuai dengan waktu yang diharapkan.

Hal ini karena keterbatasan dalam menyesuaikan jadwal dengan pihak yang berwenang. Selain itu beliau juga berpesan untuk mahasiswa yang nantinya mengambil FRS untuk keperluan ujian agar tetap disiplin sesuai waktu yang ditentukan.

Terakhir, beliau memberikan nasihat secara umum kepada seluruh mahasiswa FEB UI, untuk belajar dengan sungguh – sungguh, menjadi mahasiswa yang mudah menolong dari hal – hal yang kecil seperti membuang sampah pada tempatnya, yang bila kita lakukan sama saja kita menolong orang yang bertugas membersihkan sampah, serta jadilah mahasiswa yang saling menjaga satu sama lain ( menjaga lingkungan dan saling melindungi).

Nah itu dia teman-teman, cerita hidup dari Pak Katno! Semoga kalian termotivasi dengan semangat kerja beliau serta keramahan beliau pada lingkungan sekitar.

 

================
Departemen Sosial Masyarakat
FSI FEB UI
Rumah Ukhuwah Kita
#EmbracingEveryone | 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *