MTQ Mahasiswa Nasional

MTQ Mahasiswa Nasional

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) adalah serangkaian event lomba membaca, menghafal, men-syarah Al-Qur’an serta aneka ragam jenis perlombaan mengenai kandungan Al Qur’an. MTQ telah ada di Indonesia sejak tahun 1940-an ditandai dengan kemunculan Jami’iyyatul Qurro wal Huffadz yang didirikan oleh Nahdlatul Ulama.

Sejak tahun 1968, saat Menteri Agama dijabat K.H. Muhammad Dahlan (salah seorang ketua PBNU), MTQ dilembagakan secara nasional melalui Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ). MTQ pertama diselenggarakan di Makassar pada tahun 1968 yang saat itu bertepatan dengan bulan suci Ramadhan. Kala itu hanya melombakan tilawah dewasa dan melahirkan Qari Ahmad Syahid dari Jawa Barat dan Muhammadong dari Sulawesi Selatan. MTQ kedua diselenggarakan di Banjarmasin tahun 1969. Tahun 1970 MTQ ketiga diselenggarakan di Jakarta dengan acara yang sangat meriah. Kini MTQ sudah berlangsung 23 kali. Untuk MTQ ke 24 telah dilaksanakan di Propinsi Maluku pada tahun 2014.

Dalam perkembangannya, kegiatan MTQ juga dilaksanakan oleh berbagai instansi atau organisasi, seperti MTQ Wartawan, MTQ Mahasiswa dan lain sebagainya. MTQ Mahasiswa telah dilaksanakan secara nasional dan sudah berlangsung sebanyak 13 kali. MTQ Mahasiswa merupakan salah satu upaya untuk menanamkan kecintaan Al-Quran di kalangan para akademisi. Meski dikemas dalam bentuk perlombaan, akan tetapi pembudayaan  Al-Quran di tengah-tengah masyarakat adalah prioritas utamanya, karena dalam penyelenggaraan MTQ Nasional Mahasiswa dilombakan beberapa cabang kegiatan, sebagaimana penyelenggaraan MTQ pada umumnya. Daftar penyelenggaraan MTQ Mahasiswa Nasional beberapa tahun terakhir:

  • MTQ Mahasiswa Nasional X Tahun 2007 di Universitas Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan
  • MTQ Mahasiswa Nasional XI Tahun 2009 di Universitas Malikush Shaleh, Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam
  • MTQ Mahasiswa Nasional XII Tahun 2011 di Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Sulawesi Selatan
  • MTQ Mahasiswa Nasional XIII Tahun 2013 di Universitas Andalas & Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat
  • MTQ Mahasiswa Nasional XIV Tahun 2015 di Universitas Indonesia.

Pada perhelatan MTQ-MN XIV tahun ini terdapat cabang musabaqah baru, yakni tahfidzh 10 juz dan Desain Aplikasi Komputer Al Qur’an. (Yasir Arafat)

 

sumber: http://mtqmn14.ui.ac.id/kajian-quran/sejarah-mtq-mahasiswa-nasional.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *