Hijab and Dress Day

Hijab and Dress Day

Hijab and Dress Day adalah program kerja departemen Muslimah Learning Center FSI FEB UI, yang biasa disingkat dengan sebutan H&D.

H&D ini dilakukan untuk mengapresiasi muslimah khususnya di lingkungan FEB UI yang baru memakai hijab, di harapkan dengan adanya program kerja ini, mereka yang baru memakai hijab merasa tidak sendiri, bahwa ada kami disini yang selalu mensupport agar tetap istiqomah di jalan Allah Swt.
Kebetulan, H&D kali ini berdekatan dengan IHSD, sehingga kami melakukan hijab and dress day ini juga di niatkan untuk memperingati IHSD.
Emang nya IHSD apa sih?
International hijab solidarity day merupakan gerakan aksi protes yang dilakukan masyarakat, di karenakan regulasi yang semena-mena terkait pelarangan penggunaan hijab di belahan dunia. Mulai dari pemerintah Inggris, yaitu di London yang melarang mahasiswa nya menggunakan simbol keagamaan apapun. Diikuti dengan pemerintah Prancis yang melarang anak perempuan menggunakan jilbab di sekolah maupun kuliah. Belum lagi di beberapa negara seperti Turki misalnya, wanita yang mengenakan hijab tidak boleh mendapatkan perawatan medis.

Lebih parah nya terjadi di Tunisia, wanita yang berjilbab di tempat umum akan di penjara dan disiksa.

Inilah yang membuat masyarakat geram dan menentang peraturan tersebut. Hal ini, membuat pemerintah panik dan memutuskan menyelenggarakan Konferensi London yang jatuh pada 4 September 2004. Konferensi ini dihadiri 300 delegasi dari 102 organisasi di Inggris dan 35 negara lainnya.

Hasil pertemuan para petinggi negara menghasilkan dukungan kepada para muslimah dan akhirnya mengizinkan wanita untuk berhijab di tempat umum. Sejak keputusan itu dibuat, akhirnya 4 September ditentukan sebagai International Hijab Solidarity Day (IHSD) atau Hari Solidaritas Hijab Dunia.

Jadi kurang lebih seperti itu lah singkat cerita adanya IHSD.
Loh 4 September? Berarti hari ini dong? Ya!!! Benar sekali, hari ini merupakan tepat 12 tahun IHSD.
Sekali lagi, selamat kepada para muslimah Indonesia, sudah sepatutnya kita bersyukur bahwa di negara kita, tidak ada regulasi yang mempersulit penggunaan hijab, bahkan dewasa ini, semakin banyak instansi yang tadinya melarang penggunaan hijab, namun saat ini telah di bolehkan.

Sebagai wujud syukur, yuk kenakan hijab kita. Berikan aksi damai dan dukungan kepada para muslimah di belahan dunia lain dengan mengenakan hijab

Sebagai wujud solidaritas FSI FEB UI, kepada warga UI dan warga FEB UI, kemarin kami dari departemen MLC telah memberikan hijab kepada mahasiswa baru yang baru berhijab Bukan hanya itu lhoo, kami juga memberikan kepada petugas kebersihan di FEB UI. Harapannya semoga seluruh warga UI, warga Indonesia, dan warga dunia, semakin leluasa menjalankan agamanya secara kaffah, salah satunya dengan menutup aurat. Sehingga atmosfer keislaman dapat tetap terjaga dan terwujud, serta bagian dari dakwah pemakai hijabnya juga, dan bentuk penjagaan diri dari sesuatu yang tidak diinginkan.

Kami juga memberikan hijab secara gratis kepada mahasiswa baru yang belum berhijab, tujuannya agar mereka semakin kuat hatinya untuk sesegera mungkin mengenakan hijab. Aamiin.

Sekali lagi selamat untuk para muslimah di seluruh dunia. Jangan sia-sia kan kesempatan untuk berhijab ini yaaa!!

Berikut merupakan testimoni dari mahasiswa baru yang kami berikan hijab :

“Dapet insight baru tentang ihsd, yang sebelumnya memakai hijab dipersulit sekarang jadi dipermudah khususnya di beberapa negara yang penduduk muslimnya minoritas. Doain ya ka biar bisa secepatnya pakai hijab :)”
-Archie (Manajemen 2016)

Pas dapet hijabnya seneng bangeett packagingnya lucu terus dalemnya makin lucu juga hehee. Terimakasih MLC, FSI FEB UI, dan SALAM UI.
(Adinda- KKI 2016)

 

Ini merupakan wajah-wajah ceria mereka 🙂

 

hijabershijabers2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *