Hijab

Hijab

oleh Akka Cendana Putri, IEI 2013
Ketua Keputrian Forum Muslim Angkatan 2013

Hijab buat saya adalah bentuk kecintaan dan manifestasi ketaatan kepada Allah SWT. Islam memuliakan wanita, salah satunya dengan cara melindunginya. Hijab merupakan bentuk perlindungan terhadap kaum wanita agar kehormatannya terjaga dan tidak diganggu. Bagi saya, hijab telah menjadi pencipta salah satu faktor motivasi eksternal perbaikan diri.

Saat memasuki SMA, saya mulai memiliki ketertarikan lebih terhadap Islam dan pada akhirnya memutuskan untuk lebih jauh mengenal Islam. Ketertarikan ini akhirnya membawa saya pada banyak hal baru, seperti hakikat hidup manusia, mengenal Islam, mengenal Allah SWT, mengenal bukti-bukti keberadaanNya, dsbg. Singkat cerita, saya sampai pada bagian kedudukan wanita dalam Islam. Disitu, saya belajar banyak. Saya kagum mengetahui bagaimana Islam menjaga dan memuliakan wanita, hijab merupakan salah satu bentuk penjagaan Islam terhadap wanita dan tentunya hijab juga merupakan identitas diri seorang muslimah. Setelah mengetahui hal itu, saya tak langsung mengenakan hijab. Selama beberapa waktu, saya gelisah. Rasanya tak nyaman, terlebih teman-teman ketika itu, mulai banyak yang berhijab dan mereka heran melihat saya yang juga tetap teguh tidak berhijab. Setelah itu, saya menceritakan kegelisahan saya kepada beberapa teman, mereka berhasil membantu saya meneguhkan hati untuk akhirnya memutuskan mengenakan hijab. Tidak berhenti sampai disitu, saya khawatir niat saya berhijab semata karena teman. Karena itu, saya terus mencari tahu dan belajar lebih lagi, sehingga saya dapat memaknai hijab tak hanya sebagai pemenuh dan penggugur kewajiban, namun juga bentuk rasa syukur, kecintaan, dan ketaatan saya pada Allah SWT dan RasulNya.

Hijab solidarity merupakan bentuk solidaritas, kepedulian, dan dukungan bagi kebebasan mengenakan hijab. Wanita muslim berhak untuk mempertahankan pakaian takwanya, tanpa takut/khawatir adanya ancaman dari pihak manapun. Karena itu, International Hijab Solidarity Day merupakan momentum bagi seluruh wanita muslim untuk menyuarakan kepedulian dan dukungannya terhadap kebebasan mengenakan hijab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *