Antara Aku, Infaq, dan Ramadhan

Antara Aku, Infaq, dan Ramadhan

Seperti yang sudah kita semua ketahui, kalau bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia. Di bulan Ramadhan ini, semua pahala kebaikan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Maka dari itu, kita harus banyak melakukan amalan kebaikan. Banyak sekali amalan kebaikan yang dapat kita lakukan. Salah satunya adalah dengan memperbanyak infaq.

 

Kenapa harus infaq?

Allah SWT memerintahkan secara halus melalui ayat-Nya:

Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan. (QS Al-Baqarah: 245)

 

Pada ayat tersebut, Allah menganjurkan kaum beriman untuk berinfaq guna membiayai perang di jalan Allah. Dalam mengeluarkan infaq tersebut tidak hanya asal mengeluarkan harta kita, tetapi harus disertai dengan jiwa yang ikhlas, dari harta yang halal, tanpa diiringi sikap riya’, sum’ah, mengungkit-ungkit dan menyakiti hati orang yang menerimanya.

Nah, pada ayat ini Allah juga menjanjikan pahala yang berlipat ganda bagi siapa yang menafkahkan hartanya di jalan Allah. Apalagi jika infaq tersebut dilakukan pada bulan suci Ramadhan. Kita bisa meraih kelipatan dua juta pahala dari sisi Allah.

Selain itu, infaq atau sedekah jariyah merupakan salah satu amalan yang pahalanya tidak akan putus hingga kita meninggal nanti. Seperti yang disebutkan dalam sebuah hadits:

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631).

                Nah kan, banyak pahala yang bisa kita dapatkan dari berinfaq. Tidak perlu langsung berinfaq banyak, misalnya saja dengan menyisihkan uang jajan kita untuk berinfaq ke masjid atau ke orang-orang sekitar kita yang membutuhkan. Terlebih lagi di bulan yang penuh berkah ini. Mari kita berlomba-lomba dalam kebaikan. Yuk kita berinfaq!

 

Referensi :

https://kangudo.wordpress.com

http://syamsuhilal.blogspot.co.id

http://media-islam.or.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *