Aisyah RA, Istri Nabi yang Cerdas

Aisyah RA, Istri Nabi yang Cerdas

Wanita memiliki peranan penting dalam membentuk sebuah peradaban. Pada zaman Rasulullah banyak wantita-wanita hebat yang diabadikan namanya dalam sejarah serta menjadi panutan bagi umat Islam. Salah satu contoh the warrior women of Islam adalah Aisyah RA atau Siti Aisyah binti Abu Bakr Ash-Shiddiq.

Asiyah RA menikah dengan Rasulullah SAW di usia muda sehingga beliau menjadi isteri nabi yang paling muda dan menjadi satu-satunya isteri nabi yang masih gadis ketika dinikahi.

Asiya RA adalah seorang wanita berparas cantik, berkulit putih, dan ia sering dipanggil dengan sebutan “Humaira”. Selain cantik, Aisyah juga dikenal sebagai seorang wanita yang cerdas.

Pada zaman Rasulullah, pendidikan merupakan hal yang tabu di kalangan masyarakat Arab. Penduduk bangsa Arab mayoritas tidak bisa membaca dan menulis. Namun pada masa itu, Aisyah menjadi seorang wanita yang memiliki intelektual tinggi dan pengetahuan yang luas. Rasa ingin tahunya serta kemauannya untuk belajar dan menyebarkan pengetahuan membuatnya disayang oleh Rasulullah.

Ketika remaja, Aisyah memiliki kemampuan luar biasa dalam mempelajari puisi dan ilmu silsilah yang menceritakan nenek moyangnya.  Aisyah memiliki ingatan yang sangat tajam. Aisyah juga memiliki keistimewaan, salah satu diantaranya adalah para pembesar sahabat apabila menjumpai ketidakpahaman dalam masalah agama maka mereka datang kepadanya.

Berkata Abu Musa al-Asy’ari, “Tidaklah kami kebingungan tentang suatu hadits lalu kami bertanya kepada Aisyah, kecuali kami mendapatkan jawaban dari sisinya.” (Shahih Sunan at-Tirmidzi (3044))

Dalam jajaran periwayat hadist, Aisyah menduduki salah satu orang yang banyak meriwayatkan hadist dari kalangan wanita. Ia meriwayatkan lebih dari 2.000 hadist dengan berbagai topik, diantaranya yaitu tentang hukum-hukum syar’i, petuah-petuah perilaku, adab dan dasar pedoman yang menjadi landasan agama. Tidak hanya sebatas ilmu hadist, Aisyah juga memiliki kecerdasan dalam ilmu tafsir.

Aisyah merupakan seorang praktisi dedukasi analogis (qiyas) yang tak tertandingi dalam masalah hukum Islam. Pengetahuannya yang luas membuat ia dijuluki sebagai ahli tafsir Al-Quran, hadist, dan fiqih terkemuka.

Selain memiliki kecantikan dan kecerdasan, Aisyah juga memiliki kepribadian yang memesona. Ia memiliki kualitas pribadi, sifat-sifat yang luhur, dan sederhana.

Aisyah menyadari kualitas dan sifat uniknya yang telah diberikan oleh Allah. Satu ketika dia berkata, “Aku tidak bermaksud membanggakan diri, tetapi aku menyebutkan ini sebagai suatu fakta bahwa Allah menganugerahkan sembilan hal kepadaku, yang tidak Dia anugerahkan kepada orang lain di dunia. Para malaikat memperkenalkan figurku di hadapan Rasulullah di dalam sebuah mimpi; tidak ada istri Rasulullah yang perawan selain diriku; Al-Quran diturunkan bahkan saat beliau menempati tempat tidurku, aku adalah kesayangannya, beberapa ayat Al-Quran diturunkan berkaitan dengan diriku, aku melihat jibril dengan mataku sendiri, dan Rasulullah meninggal di pangkuanku.” (Mustadrak karya Al-Hakim dan Kitab al-Tabaqat al-Kubra karya Ibnu Sa’ad).

Kontribusi Aisyah dalam peradaban Islam sangatlah besar. Aisyah ra dikenal sebagai “Ummul Mukminin” (ibu orang-orang beriman). Ia menjadi sosok panutan, serta pengetahuan yang di wariskan menjadi rujukan bagi umat Islam dalam menjalankan kehidupan berdasarkan hukum-hukum Islam.

Aisyah menjadi panutan para muslimah sejak zaman Rasulullah hingga sekarang. Ia memiliki kecerdasan yang luar biasa, kecantikan, dan kepribadian yang luhur yang mencerminkan nilai-nilai Islam sesungguhnya.

Meskipun perkembangan zaman sudah sangat maju dan pesat, namun kontribusi wanita sangatlah dibutuhkan untuk membangun peradaban selanjutnya. Meneladani dari Aisyah RA, kita sebagai wanita seharusnya memiliki semangat belajar dan keingintahuan yang tinggi akan ilmu pengetahuan. Karena ketika sebuah negara dimana wanitanya memiliki edukasi yang cukup, maka disitulah kunci peradaban berada.

——————————-

Referensi :

https://iamproudtobemuslim.com/2014/02/21/aisyah-binti-abu-bakar/

http://kisahmuslim.com/1738-kemuliaan-dan-keutamaan-aisyah.html

https://www.islampos.com/sisi-intelektual-seorang-wanita-luar-biasa-aisyah-ra-63259/

http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/hikmah/17/10/21/oy4ipe396-aisyah-dan-ilmu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *